Beranda | Artikel
Tanda Kemenangan
Jumat, 30 Juli 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Tanda Kemenangan adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 4 Sya’ban 1442 H / 18 Maret 2021 M.

Ceramah Agama Islam Tentang Tanda Kemenangan

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

قَدْ كَانَ لَكُمْ آيَةٌ فِي فِئَتَيْنِ الْتَقَتَا ۖ فِئَةٌ تُقَاتِلُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَأُخْرَىٰ كَافِرَةٌ يَرَوْنَهُم مِّثْلَيْهِمْ رَأْيَ الْعَيْنِ ۚ وَاللَّهُ يُؤَيِّدُ بِنَصْرِهِ مَن يَشَاءُ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَعِبْرَةً لِّأُولِي الْأَبْصَارِ ‎﴿١٣﴾

Sesungguhnya telah ada tanda bagi kamu pada dua golongan yang berhadap-hadapan. Satu golongan berperang di jalan Allah dan golongan yang lain kafir yang dengan mata kepala mereka melihat golongan muslim dua kali lipat jumlah mereka. Allah menguatkan dengan pertolonganNya siapa yang dikehendakiNya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai penglihatan.” (QS. Ali-Imran[3]: 13)

Ayat ini masih memiliki hubungan yang sangat erat dengan ayat sebelumnya. Dimana di ayat yang ke-12, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

قُل لِّلَّذِينَ كَفَرُوا سَتُغْلَبُونَ وَتُحْشَرُونَ إِلَىٰ جَهَنَّمَ ۚ وَبِئْسَ الْمِهَادُ ‎﴿١٢﴾

Katakanlah (wahai Muhammad) kepada orang-orang yang kafir: ‘Kalian pasti akan dikalahkan dan akan digiring ke dalam neraka Jahannam. Dan itulah tempat yang seburuk-buruknya`”. (QS. Ali-Imran[3]: 12)

Seandainya kita betul-betul memegang ayat ini dan kita betul-betul beriman, kita berperang di jalan Allah, niscaya orang-orang kafir yang ada di hadapan kita seperti serangga (laron).

Berperang di jalan Allah

Suatu kelompok atau golongan dikatakan berperang di jalan Allah kalau mereka memperhatikan tiga hal berikut ini:

  1. Mengikhlaskan niat karena Allah,
  2. Peperangannya sesuai dengan perintah Allah,
  3. Menjauhkan diri dari hal-hal yang diharamkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Menit ke-9:48

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50477-tanda-kemenangan/